All Right Reserved © 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KUALITAS RASKIN MENGECEWAKAN,RASKIN DIJUAL LAGI

 Raskin yang diterima warga di Desa Timbang


PURBALINGGA - Penerima beras untuk rakyat miskin (raskin) memilih menjualnya kembali karena kualitasnya yang buruk. Seperti penerima raskin di Kecamatan Kejobong,Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Raskin yang mereke terima dianggap tidak layak konsumsi karena berwarna kekuningan, berkutu, berbau apak sangat menyengat dan jika dimasak nasinya berbau.
Pujo, Kepala gudang Bulog Purbalingga mengatakan buruknya kualitas raskin yang beredar dipengaruhi kerena kelembaban gudang, proses penyimpanan yang terlalu lama dan sering terjadinya kebocoran atap di gudang penyimpanan.

"Rata - rata untuk kualitas raskin yang ada di pengaruhi iklim atau kondisi kelembaban gudang,lalu proses penyimpanan ada yang beberapa bulan ada yang lama, karena peneriman dari mitra tidak konstan. Kalau stok banyak otomatis penyimpanan akan lama, kemudian cuaca atau kadang terjadi kebocoran atap gudang penyimpanan. Biasanya beras menjadi krongkol, tapi kita tidak salurkan.Namun karena kondisinya di karung kita tidak tahu, jadi kita berkomitmen dengan penerima raskin apabila ada yang buruk untuk segera menghubungi kami" Jelasnya kepada 99 (06/10).

Meskipun sudah ada himbauan untuk menukarkan raskin berkualitas buruk, namun masyarakat enggan melakukannya. Karena raskin yang diterima tidak pernah baik, sehingga hal itu dinilai merepotkan jika harus setiap bulan menukarkan raskin tersebut.(nh)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS