All Right Reserved © 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CUACA TIDAK MENENTU, PARA PENDAKI GUNUNG SLAMET DIMINTA LEBIH WASPADA

Suasana pendakian Gunung Slamet di Purbalingga, Jawa Tengah

PurbalinggaPara pendaki Gunung Slamet harus lebih waspada, karena akhir – akhir ini cuaca di Kab. Purbalingga, Jawa Tengah sering tidak menentu. Terkadang panas, tapi mendadak turun hujan deras.
Ketua Reaksi Cepat Gunung Slamet Purbalingga, Seno Aji mengatakan saat ini jalur pendakian tetap dibuka. Jumlah pendaki pada bulan Agustus kemarin mencapai 1.300 orang lebih. Tiap mereka akan naik gunung, diarahkan agar selalu mematuhi rambu penunjuk dan berjalan secara berkelompok. Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, akibat pengaruh cuaca.
"Cuaca hujan tidak menentu, namun para pendaki tetap banyak. Dan Saat ini ada 2 jalur pendakian. Yang umum adalah jalur Bambangan, sedangkan awal tahun 2016 dibuka jalur baru, yakni jalur Gunung Malang di Desa Serang. Jalur sudah diberi rambu, karena perlintasan di gunung malang tergolong cukup extrim", jelasnya kepada 99, Sabtu (03/09).
Seno menambahkan jalur Gunung Malang belum menjadi akses favorit para pendaki seperti halnya jalur Bambangan. Namun waktu tempuh dari jalur Gunung Malang lebih pendek yaitu sekira 5 jam bagi pendaki profesional. Mengenai kesiapan tim reaksi cepat, pihaknya siaga 24 jam di sejumlah titik pos.(nh)
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS