All Right Reserved © 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MUSEUM PURBAKALA DI KABUPATEN PURBALINGGA, TERBENGKALAI

Kondisi Museum Lokastithi Giribadra yang menyimpan benda -benda purbakala

PURBALINGGA - Museum Lokastithi Giribadra yang terletak di Desa Cipaku, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal di museum itu terdapat benda – benda purbakala dari jaman Megalitikum, seperti batu lingga yoni, batu kenong, ganesha, dan situs batu tulis.

Seorang penjaga Museum Lokastithi Giribadra, Haryadi mengatakan  kurang terawatnya museum purbakala karena keterbatasan dana dan kurangnya perhatian dari pemerintah. Saat inipun ia mengaku tidak fokus merawat museum, lantaran harus bertani untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

“Sumber pendapatan saya dari tani, sedangkan dari Dinbudparpora tiap bulan hanya dapat uang Rp. 105.000,- itupun diambil enam bulan sekali masih dipotong pajak. Yang membantu nyapu disini, saya mengambil dari uang pribadi. Dan sekarang saya kurang fokus merawat museum ini, karena saya butuh hidup jadi harus mengurus pertanian saya” Jelasnya, kepada 99 (19/09)

Dirinya berharap pemerintah Kabupaten Purbalingga mau meningakatkan perhatian. Pasalnya pembangunan dan perawatan museum membutuhkan dana cukup besar. Kalau sebatas mengandalkan bantuan swadaya dari para pencinta benda purbakala, tidak memungkinkan.(nh)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS