All Right Reserved © 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENGKHAWATIRKAN, LAHAN PERTANIAN BERALIH FUNGSI JADI PERUMAHAN


Lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi perumahan di Kab. Purbalingga, Jawa Tengah

Purbalingga - Lahan pertanian di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah semakin berkurang, karena beralih fungsi menjadi kawasan perumahan.

Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Perkebunan Dan Kehutanan Kabupaten Purbalingga, Hafidah Kusniyati mengatakan dari tahun 2012 – 2015, terdapat sekitar 500 Ha lahan sawah berubah untuk lokasi perumahan. Guna mencegah penyusutan lahan, DPRD Kabupaten Purbalingga sedang menyusun Raperda inisiatif. Pihaknya tentu sangat mendung Raperda inisiatif tersebut.

"Memang jika kita lihat dari tahun 2012 hingga 2015 ada sekitar 500 Ha sawah beralih fungsi, ini berdasarkan pengamatan di lapangan. Untuk ijin perumahan saja dalam setahun bisa mencapai 6 perijinan. Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini DPRD Kabupaten Purbalingga sedang menyusun raperda inisiatif dewan tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan." Jelasnya kepada KBR, Jum’at (23/09).

Menurut Hafidah, penyusutan lahan pertanian terbesar terjadi di lahan pertaninan yang berada di pinggiran kota. Sedangkan untuk lahan pertanian dengan produktivitas gabah tinggi, Pemkab akan berupaya maksimal mempertahankan fungsinya sebagai daerah penyangga pemasok beras.(nh)

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS