All Right Reserved © 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jalur Kereta Bakal Lintasi Wirasaba

KALIGONDANG-  Rencana reaktifitas jalur kereta api  dengan rute purwokerto-purbalingga-wonosobo, masih membutuhkan berbagai persiapan. Gambarannya, diwilayah purbalingga stasiun pemberhentian bakal melintas didekat Lanud Wirasaba.
Kepala dinas perhubungan komunikasi dan informatika (Dinhubkominfo) purbalingga, Yonathan Eko Nugroho  mengatakan, akses kereta tersebut akan membangun jalur rel baru dari Purwokerto melalui Sokaraja, kemudian masuk purbalingga dan stasiun di Desa Karangkemiri, Kecamatan Kemangkon.
Dari karangkemiri, jalur kereta api akan diteruskan melintas belakang landasan Lanud Wirasaba dan diteruskan ke Purworejo Klampok, Banjarnegara hingga Wonosobo.
Jalur kereta yang melintas purbalingga kota dengan stasiun Kandanggampang, kemudian belum akan diaktifkan, sebab dalam rapat terakhir antara Dinhubkominfo purbalingga dengan Dinhubkominfo provinsi dan PT KAI tidak dibahas reaktifitas stasiun Kandanggampang, purbalingga.
“paling cepat lima tahun kedepan, purbalingga bakal semakin ramai. Karena rencananya jalur transportasi darat nanti akan disambungkan kebandara. Yang dari purwokerto, Banjarnegara dan Wonosobo nantinya mudah untuk akses kebandara. Sedangkan proses pembangunan jalur kereta api sembari proses pembangunan bandara, jadi kalau bisa selesainya bareng dan aktifitasnya bareng. Detail Engenerin Design (DED) sudah rampung tahun lalu” paparannya.
Terkait kereta api digunakan, Yonathan belum bisa memastikan. Sebeb kereta nantinya akan menyesuaikan dengan rel yang dibangun. Bisa saja menggunakan kereta seperti sejenis KA Logawa atau prambanan Ekspres (Prameks).
“PT KAI akan lebih dominan dalam manajemen realisasinya, termasuksoal pembebasan lahan. Naum karena purbalingga kelewatan progran revitalisasi jalur kereta, kami ikut didalamnya ,” tambahannya.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) purbalingga, setiyadi mengatakan, pihaknya tidak bisa berbicara teknis seperti soal panjang jalur bekas kereta api, dan rentang waktu pelaksanaanya.
Sebab semua kajian dan studi yang ada disamping DED ada dipihak PT KAI. “ kita hanya ketempatan  kabarnya akan didirikan stasiun pemberitahuan di Desa Karangkemiri Kecamatan Kemangkon. Jadi kita masih menunggu ada koordinasi kembali dengan PT KAI atau kabupaten lainnya,”
Berdasarkan sejarah kereta api dipurbalingga, tercatat jurusan purwokerto-purbalingga ini melewati beberapa wilayah. Masing-masing merupakan bagian dari koridor jurusan sokaraja (Banyumas)-purworejo Klampok (Banjarnegara).

Jalur ini meliputi sokaraja-Banjarsari-Muntang-Karangkemiri-Kemangkon-Purworejo Klampok. Selain itu juga ada koridor Banjarsari-Purbalingga, sepanjang 7 kilometer meliputi wilayah Banjarsari-Jompo- Kalimanah-Purbalingga. Sumber : RadarbanyumasedisiJumat05022016

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS